Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tabrak Sapi, Pengamanan Bandara Komodo Diperketat

Kompas.com - 15/09/2011, 10:45 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula meminta jajaran terkait di wilayahnya memperketat pengamanan Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Hal itu menyusul insiden pesawat menabrak sapi di landasan pacu pada Rabu (14/9/2011).

”Insiden kemarin itu sangat mengancam keselamatan penerbangan. Syukur terhindar dari hal-hal yang tidak dihgarapkan. Meski demikian, insiden itu sangat mengganggu geliat pariwisata Manggarai Barat yang mengandalkan Taman Nasional Komodo melalui Labuan Bajo sebagai pintu masuknya,” tutur Agustinus, Kamis (15/9/2011).

Seperti diberitakan, pesawat AviaStar BE 146/200 yang dioperasikan oleh PT TransNusa menabrak tiga sapi saat mendarat Bandara Komodo, Rabu sekitar pukul 16.00 WITA.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, pesawat yang melayani rute Kupang-Labuan Bajo itu rusak di bagian depannya, persis di atas roda depan.

Akibat insiden itu, penerbangan lanjutan ke Denpasar, Bali, Rabu petang terpaksa dibatalkan. Pesawat itu hingga Kamis pagi masih bertahan di apron Bandara Komodo, Labuan Bajo, sambil menunggu pemeriksaan oleh teknisi yang direncanakan Kamis siang ini.

Belum diketahui siapa pemilik ternak tersebut. Menurut keterangan dari Labuan Bajo, ketiga sapi sekarat setelah ditabrak pesawat dan langsung dievakuasi ke luar oleh petugas bersama masyarakat sekitar.                

Menurut Agustinus, kawasan bandara belakangan memang rawan penyerobotan berbagai jenis hewan yang berkeliaran di sekitarnya setelah pagar pembatasnya dari kawat berduri sebagian lenyap dijarah.

”Pemkab Manggarai Barat sebenarnya sudah mengusulkan perda khusus pengamanan bandara, antara lain, agar aparat beralasan menembak hewan yang menyelonong masuk bandara terutama saat pesawat hendak terbang atau mendarat. Namun, usulan perda itu masih menggantung karena DPRD Manggarai Barat belum menyetujuinya,” tuturnya.                

Pemkab Manggarai Barat juga sedang berupaya mengamankan kawasan bandara dengan bangunan pagar permanen disertai parit keliling. ”Sebagian bangunan pagar itu sedang dikerjakan,” ujar Agustinus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com