Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Satu Bulan, 3 Gedung Sekolah Terbakar

Kompas.com - 14/09/2011, 22:12 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com -Tiga gedung sekolah dasar di Kalimantan Selatan rusak akibat terbakar dalam sebulan terakhir. Sekolah-sekolah itu adalah SDN Kuin Selatan 4 (terbakar 12 Agustus) , SDN Semangat Dalam 2 (terbakar 31 Agustus), SDN 3 Kelayan Selatan 6 ( 8 September), SMA 6 PGRI Banjarmasin (akhir Mei) .

Sekretaris Dinas Pendidikan Kalsel, Herman Taufan, Rabu (14/9/2011), di Banjarmasin, mengatakan, api menghanguskan beberapa ruang kelas, sehingga sebagian ruang kelas lainnya masih bisa digunakan. Untuk perbaikan kembali, Dinas Pendidikan akan mengusulkan masalah ini kepada pemerintah pusat, untuk memperoleh bantuan dari dana APBN.

"Keempat sekolah itu akan kami usulkan bersama sekolah-sekolah lain yang rusak. Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk menginventarisir sekolah-sekolah mana saja yang mendapat prioritas perbaikan," ujarnya.

Tahun 2010 lalu, tercatat 1.275 ruang sekolah di Kalsel rusak berat. Adapun yang rusak ringan mencapai 3.000 ruang lebih dari total 22.000 ruang kelas yang ada.

"Proses belajar mengajar siswa yang gedungnya rusak, untuk sementara dilakukan dengan meminjam ruangan lain dengan cara masuk bergiliran," ucapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com