Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Kunjungi Bali pada November

Kompas.com - 13/09/2011, 15:50 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama akan mengunjungi Pulau Bali dan Australia pertengahan November mendatang, kata Gedung Putih, Senin (12/9/2011). Kunjungannya ke Bali itu akan menjadi kunjungan kedua ke Indonesia, tempat ia menghabiskan masa kecilnya. Kunjungan Obama sebelumnya ke Indonesia terjadi pada November tahun lalu dalam rangkaian lawatan ke Asia.

Sementara itu, kunjungan ke Australia akan menjadi yang pertama setelah dua kali dibatalkan tahun lalu karena masalah di dalam negeri AS.

Obama akan berada di Australia pada 16-17 November setelah menjadi tuan rumah bagi KTT tahunan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di tempat kelahirnya, Hawaii, dan akan berkunjung ke Bali untuk mengikuti KTT Asia Timur, kata Gedung Putih.

Menurut Gedung Putih, di Australia yang merupakan salah satu mitra terdekat AS di Asia-Pasifik, Obama akan menghadiri peringatan 60 tahun aliansi ANZUS dan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Australia Julia Gillard tentang kerja sama guna mendorong pertumbuhan ekonomi global, perdagangan, dan pertumbuhan lapangan kerja. Obama membatalkan kunjungan ke Australia pada Maret 2010 agar tetap berada AS demi mendorong rencana perbaikan kesehatan melalui Kongres. Rencana kunjungan lain dibatalkan pada Juni tahun lalu agar ia bisa menangani tumpahan minyak yang bocor dari pengeboran BP di Teluk Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com