Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Habiskan 7.000 Kondom

Kompas.com - 12/09/2011, 15:47 WIB

MADIUN, KOMPAS.com — Jumlah pengunjung di kompleks Lokalisasi Gude yang berlokasi di Desa Teguhan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tidak bisa dipandang remeh. Pengelola Wisma Harapan Wanita ini mengaku setiap bulan rata-rata hampir 7.000 kondom ludes dibagikan ke pengunjung.

"Sebulan kami dapat jatah kondom dua karton dari yayasan. Setiap karton isinya 3.450 bungkus kondom," ujar Tohirin (45), Ketua Kelompok Kerja Arjuna yang membina lokalisasi Gude.

Tohirin mengatakan, setiap pengunjung yang datang ke Gude selalu mendapatkan kondom yang dibagikan secara gratis oleh pembina. Pembagian biasanya dilakukan sejak pengunjung memasuki halaman parkis wisma.

Sementara itu, maksud dari pembagian kondom ini adalah untuk mengingatkan kepada para pengunjung supaya tidak lupa mengenakan alat pengaman. Tujuannya untuk mencegah penularan infeksi menular seksual dan HIV/AIDS.

Sementara itu, kondisi di lokalisasi pada Senin ini mulai aktif normal setelah libur panjang selama 1,5 bulan pada Lebaran 2011. Sedikitnya sudah 70 pekerja seks komersial dari 74 PSK yang terdaftar di Gude kembali mengisi wisma-wisma mereka setelah merayakan liburan di kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com