Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Sumber Kencono

Kompas.com - 12/09/2011, 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 19 penumpang tewas akibat kecelakaan maut antara bus Sumber Kencono W 7181 UY dan minibus Isuzu Elf AG 7103 ML di Jalur By Pass, Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Senin (12/9/2011) dinihari.

Kasubag Humas Mojokerto, AKP LA Ekawati, menjelaskan kronologi kecelakaan maut yang terjadi pada pukul 03.00 WIB tersebut.

Berdasarkan keterangan saksi sementara, kecelakaan diduga karena faktor keadaan jalan, yakni kondisi jalan gelap tanpa penerangan, tikungan tanpa median jalan dan tanpa marka jalan, serta adanya kemiringan jalan yang membahayakan pengguna jalan.

Dengan kondisi jalan seperti itu, bus Sumber Kencono dari arah Surabaya dan minibus Elf dari arah Nganjuk, justru melaju dengan kecepatan tinggi. Diduga saat itu laju bus Sumber Kencono dengan 23 penumpang, memakan jalur dari arah lawan dan tidak bisa mengendalikan kendaraannya. "Saksi penjaga warung mengatakan, tabrakan muka ketemu muka," ujar Ekawati.

Karena masih menunggu hasil olah TKP dan proses pemeriksaan saksi-saksi masih berlangsung, kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab pasti kecelakaan tersebut. "Saat ini sedang dilaksanakan penyelidikan dan didalami, apakah bus atau Elf itu yang melakukan human error. Tim lakalantas berasal dari Polres Mojokerto, Polda (Jatim), juga dari DLLAJR," imbuhnya.

Saat ini, petugas juga sudah memasang garis polisi di lokasi kejadian dan juga telah mengalihkan kendaraan yang ingin melalui kawasan tersebut ke dalam kota Mojokerto.

Berikut daftar nama korban tewas dalam kecelakaan tersebut:

1. Zaenal (L), 26 th, Dsn/Ds/Kec/Kab. Nganjuk.

2. Sairan (L), 44 th, Dsn Semanding, Ds. Bajulan Kec. Lohceret, Nganjuk.

3. Sugito (L), 27 th, Dsn Klodan Ds/Kec/Kab Nganjuk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com