Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Polhukam: Lakukan Upaya Damai di Ambon

Kompas.com - 11/09/2011, 19:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto meminta semua pihak terus melakukan upaya damai di Ambon setelah terjadi kerusuhan di wilayah itu, Minggu (11/9/2011) siang.

"Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Gubernur Maluku, Kapolri, serta Kepala BIN dan Panglima TNI. Mereka tengah bekerja agar kerusuhan tidak meluas," katanya di Jakarta.

Djoko mengemukakan, pihaknya juga sudah menerima laporan dari Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu bahwa situasi terakhir di Ambon telah mereda. "Baru saja pukul 16.50 WIB ini, Gubernur Maluku lapor bahwa situasi sudah mulai mereda," ujar Djoko.

Ia memerintahkan pihak-pihak terkait meredam suasana di Ambon serta meminta semua tokoh agama, tokoh masyarakat, dan yang terkait untuk bersama-sama melakukan upaya damai dan tidak melakukan tindakan anarkistis. "Pertemuan muspida dan tokoh-tokoh masyarakat akan dilakukan lagi malam ini," ujarnya.

Djoko menambahkan, semua pihak harus meredam kerusuhan yang terjadi di Ambon ini. Ia meminta semua pihak terkait, terutama kepolisian,  tidak lengah menangani kasus ini. "Mohon terus diantisipasi dan diikuti perkembangan isu SARA di Ambon. Jangan lengah karena pada masa lalu kejadian awal juga seperti ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com