Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Susi Air Tergelincir di Kupang

Kompas.com - 09/09/2011, 14:11 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK-PVQ , Jumat (9/9/2011) sekitar pukul 12.04 tergelincir, sesaat setelah mendarat di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pilot Waren bersama kru dan dua penumpangnya selamat, namun sempat mengganggu penerbangan selama 50 menit.    

Manager Airport PT Angkasa Pura II Kupang, Nadjib Anshori, di Bandara El Tari Kupang, Jumat siang membenarkan insiden Susi Air rute Kissar (Maluku)-Kupang tersebut.

Nadjib menyebutkan,  pesawat dengan 12 tempat dduduk itu mendarat melalui landasan pacu 07 menuju landasan pacu 25.  Sesaat setelah menyentuh landasan, pesawat terasa oleng dan tergelincir. Namun tetap berhasil dikendalikan hingga terhindar dari kecelakaan. Setelah dicek ternyata roda belakang sebelah kanan pecah.

Butuh waktu sekitar 50 menit, untuk  mengevakuasi badan pesawat karena harus didorong ke hangar Lanudal di tepi kiri sebelah timur landasan.

Akibatnya, setidaknya dua pesawat susulannya yang terganggu peberbangannya. Kedua pesawat dimaksud adalah Garuda GA-438 yang sedianya tiba di El Tari Kupang pukul 13.20 yang langsung disusul Batavia Y6-755. Kedua  pesawat terpaksa harus membelok dulu dan transit di Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum melanjutkan penerbangan ke Kupang, setelah evakuasi Susi Air berhasil.

Khusus penerbangan Batavia Y6-755, di antara penumpangnya termasuk Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Giezegerz Wisniewski, bersama rombongan.

Kunjungan dubes membawa misi khusus, yakni menyerahkan bantuan untuk Klinik  Fiorreti di kawasan penfui, Kota Kupang.  

Penerbangan di Bandara El Tari Kupang pulih kembali sekitar 14.00 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com