Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Usul Suntikan Dana Segar Perbaiki Perekonomian AS

Kompas.com - 08/09/2011, 02:54 WIB

WASHINGTON, RABU - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana mengajukan proposal kebijakan baru demi mendorong perbaikan perekonomian negeri itu, termasuk untuk memicu penciptaan lapangan pekerjaan baru. Proposal kebijakan baru itu berbentuk suntikan dana segar sebesar 300 miliar dollar AS, baik dalam bentuk pemotongan pajak maupun upaya memicu penciptaan lapangan kerja baru di negeri itu.

Proposal kebijakan ekonomi baru pemerintahan Obama tersebut menjadi bahan pemberitaan utama di sejumlah media massa di AS, Rabu (7/9).

Pemerintahan Obama tengah menghadapi kenyataan memudarnya tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah, terutama terkait upaya perbaikan ekonomi AS yang terus merosot.

Diwartakan pula, rencana tambahan suntikan dana itu akan disampaikan Presiden Obama resmi dalam pidatonya ke Kongres AS, Kamis ini, yang juga bakal disiarkan langsung oleh televisi.

Kantor berita Bloomberg memberitakan, suntikan dana segar sebesar 300 miliar dollar AS itu akan dipakai mulai tahun depan dalam bentuk pemotongan pajak, pembiayaan belanja pembangunan infrastruktur, dan pemberian bantuan kepada pemerintahan pusat dan lokal.

Bantuan langsung kepada pemerintahan, baik pusat maupun daerah, tersebut akan digunakan untuk menghentikan gelombang pemutusan hubungan kerja, yang selama ini menimpa para guru dan sektor pekerjaan lain.

Walau ramai diberitakan, pihak Gedung Putih menolak berkomentar. Mereka juga enggan merinci rencana kebijakan baru Obama itu, termasuk menyebutkan besaran anggaran yang akan dialokasikan.

Pihak Gedung Putih hanya menyebut, proposal paket kebijakan itu akan menghasilkan dampak yang ”cepat dan positif” dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru di tengah kondisi yang terbilang buruk seperti sekarang.

”Kita perlu melakukan sesuatu yang bisa segera memberi dampak langsung dalam jangka waktu yang pendek. Hal itu untuk memicu pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Proposal Presiden (Obama) yang akan disampaikan di depan kongres Kamis besok akan mewujudkan semua itu,” ujar juru bicara Gedung Putih, Jay Carney.

Kritik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com