Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trubus Kembangkan Bank Pohon

Kompas.com - 07/09/2011, 15:01 WIB

CIMANGGIS, KOMPAS.com — Kelompok Trubus melalui PT Trubus Mitra Swadaya mengembangkan bank pohon. Bank pohon adalah investasi melalui penanaman pohon yang memberi sejumlah keuntungan.

Supervisor PT Trubus Mitara Swadaya Edi Susanto ketika ditemui di Cimanggis, Depok, mengatakan, bank pohon merupakan ide baru di Kelompok Trubus. Investasi ini ditawarkan untuk lahan-lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan atau lahan kosong.

Dalam bank pohon pihaknya menawarkan investasi dengan nilai Rp 50 juta untuk 1 hektar pohon. Saat ini pohon yang dikembangkan adalah sengon.

Dalam masa investasi ini, setidaknya sejumlah keuntungan didapat, seperti keuntungan finansial yang mencapai sekitar Rp 300 juta untuk masa tanam enam tahun, keamanan lahan karena dengan ditanami sehingga lahan tidak akan diserobot, dan penghijauan.

Edi mengatakan, investasi melalui bank pohon ini berisiko minim karena relatif tidak ada gangguan hama dan penyakit yang berarti. Harga kayu sengon juga tidak fluktuatif karena permintaan tetap tinggi.

Edi menambahkan, selama masa enam tahun pihaknya akan merawat tanaman itu hingga pohon siap dipotong. Pemodal tidak perlu melakukan investasi tambahan pada masa itu, termasuk ongkos perawatan. Investasi Rp 50 juta tidak termasuk biaya saat pemotongan kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com