Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tradisional Belum Normal

Kompas.com - 06/09/2011, 11:26 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com — Kondisi pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada H+6 Lebaran, Selasa (6/9/2011), belum begitu normal. Sebagian pedagang belum aktif, sementara pasokan barang juga belum optimal.

Seperti di Pasar Larangan, yang merupakan pasar terbesar di Sidoarjo, sebagian kios pedagang masih tutup. Gang-gang yang biasanya dijubeli pedagang juga masih  longgar. Menurut pedagang, sebagian besar pedagang yang mudik ke Madura baru akan kembali setelah kupatan (Lebaran ketupat) yang jatuh pada H+7 Lebaran.

”Mungkin mulai Kamis mendatang mereka kembali berjualan,” kata Ny Ruwiyati, pedagang kebutuhan pokok.

Hal serupa juga terjadi di Pasar Kauman, di belakang Matahari, pusat kota Sidoarjo. Pasar yang biasanya selalu padat itu agak longgar. Bukan hanya pedagang yang belum aktif, karyawan toko pun banyak yang molor liburnya, seperti di toko sepeda di Jalan Raden Patah.

”Dua orang karyawan saya liburnya molor. Jadi, kami belum bisa melayani perbaikan sepeda,” kata pemilik toko.

Pasokan barang, seperti sayur mayur, kedelai, telur, dan kebutuhan rumah tangga lain belum normal. Diduga petani pemasok juga masih sibuk menyiapkan kupatan. Para sopir angkutan barang juga masih menuntaskan acara Lebaran mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com