Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Pasar Tradisional Mulai Beraktivitas

Kompas.com - 02/09/2011, 23:34 WIB

KOTABARU, KOMPAS.com - Sejumlah pasar tradisional dan pasar harian di wilayah Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai beraktivitas setelah dua hari tutup karena hari raya Idhul Fitri 1432 Hijriah.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar harian dan pasar tradisional di Kotabaru, Jumat (2/9/2011) sekitar pukul 08.00 Wita ratusan pedagang di komplek pasar Kemakmuran, blok C, pasar Subuh, dan blok 17 di Kotabaru mulai membuka tokonya untuk berjualan.

Sebagian besar mereka yang mulai beraktivitas adalah pedagang sembilan bahan pokok (sembako) dan pedagang sayur-mayur. Kendati banyak yang mulai berjualan, namun prosentasenya pedagang yang mulai beraktivitas dengan yang belum masih cukup besar yang belum berjualan.

"Untung saja sudah ada yang berjualan, sehingga kami bisa membeli sayur dan ikan laut," ujar Nurhayati, ibu rumahtangga di Suryaganggawangsa Kotabaru.

Dia menuturkan, harga sayur-mayur dan ikan laut melonjak hampir dua kali lipat dari harga normal. Untuk ikan cumi-cumi yang biasanya seharga Rp 10.000 per tuyuk (sekitar 5 ons), tetapi kali ini mencapai sekitar Rp 20.000 per tuyuk.

Begitu juga sayur kacang, biasanya satu ikat seharga Rp 1.500 naik menjadi Rp 3.000 poer ikat. Sementara itu, pusat perbelanjaan dan pasar modern di Kotabaru hingga kini masih belum ada yang beraktivitas. Ribuan stan, toko, dan rumah toko (ruko) di Kotabaru masih tutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com