Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik-pabrik Kembali Beroperasi pada Senin

Kompas.com - 30/08/2011, 16:14 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Pabrik-pabrik di Kawasan Industri Medan akan kembali beraktivitas secara normal pada Senin (5/9/2011) setelah libur dalam rangka Lebaran 2011 selama seminggu.

"Aktivitas produksi di Kawasan Industri Medan saat ini memang nyaris berhenti karena semua pabrik libur selama satu minggu dalam rangka Lebaran 2011," kata Asisten Manajer Hukum dan Humas PT (Persero) Kawasan Industri Medan (KIM) Pangkal Simanjuntak, di Medan, Selasa (30/8/2011).

KIM yang berada di Kelurahan Mabar, Medan Deli, itu saat ini terlihat lengang karena lebih dari 300 pabrik meliburkan pekerjanya. Kebijakan libur selama satu minggu tersebut merupakan inisiatif dan keputusan dari manajemen pabrik masing-masing di kawasan industri terbesar di Sumatera itu.

Aktivitas semua pabrik di kawasan industri itu diperkirakan kembali normal mulai 5 September atau awal masuk kerja pasca-Lebaran 2011, sebagaimana juga ditetapkan pemerintah.

KIM saat ini ditempati sekitar 300 pabrik, termasuk kawasan pergudangan yang tersebar di areal seluas lebih dari 558 hektar. Sekitar 400 hektar dari total luas lahan di kawasan industri itu kini habis terjual dan sisanya seluas lebih dari 74 hektar siap dipasarkan kepada calon investor yang berminat membangun atau merelokasi pabrik.

PT KIM merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang usaha jasa pengelolaan kawasan industri. Bidang kegiatan usaha BUMN itu antara lain menjual kavling untuk industri, menyewakan bangunan pabrik siap pakai dan ruang perkantoran, jasa pengelolaan dan pemeliharaan kawasan, jasa pengelolaan air limbah, serta jasa penyediaan air bersih.

Sejak didirikan 7 Oktober 1988, kata Pangkal, minat investor untuk menanamkan modal di kawasan industri tersebut cenderung meningkat, baik investor domestik maupun asing.

Menyikapi kemungkinan meningkatnya permintaan investor terhadap kawasan industri, pihaknya kini berupaya memperluas lahan untuk areal pembangunan kawasan industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com