Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Ayam Kampung Membubung

Kompas.com - 25/08/2011, 10:45 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com- Ayam kampung merupakan salah satu komoditi yang kenaikan harganya paling mencolok menjelang Lebaran ini. Semakin mendekati Lebaran diperkirakan harga ayam kampung dan bahan kebutuhan pokok lain akan semakin tinggi, karena pasokan di pasar berkurang sementara permintaan meningkat.

Beberapa pedagang di Pasar Larangan, pasar terbesar di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Kamis (25/8/2011), mengatakan, permintaaan ayam kampung sangat tinggi karena untuk selamatan maleman, sementara jumlah barangnya terbatas. Akibatnya, harganya pun membubung.

"Ayam kemanggang (muda) yang biasanya Rp 30.000 per ekor kini di atas Rp 40.000 per ekor. Kalau ayam potong naik rata-rata Rp 2.000 per kilogram," kata Heri, pedagang sayur dan daging ayam.

Komoditi lain sudah terus beranjak naik. Telor ayam yang akhir pekan lalu masih Rop 12.000 per kilogram, kini menjadi Rp 15.500. Harga minyak goreng dalam botol kemasan naik rata-rata sekitar Rp 2.000 per liter. Demikian pula harga sayur mulai kentang, wortel, kubis, sawi, bawang merah, bawang putih naik berkisar Rp 500 sampai Rp 1. 000 per kilogram.

Menurut kalangan pedagang, semakin mepet Lebaran harga sayur akan semakin mahal karena biasanya pasokan berkurang akibat petani dan distributor sibuk mempersia pkan Lebaran. Sementara permintaan justru meningkat karena untuk pesta Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com