Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik, Singgahlah di Subah dan Plelen

Kompas.com - 17/08/2011, 21:34 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemudik yang melintasi kawasan alas roban di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, diharapkan memanfaatkan lokasi tempat peristirahatan di Subah dan Plelen.

Jarak tempuh lintasan jalur pantai utara Jakarta - Batang yang mencapai panjang tak kurang 550 kilometer, merupakan titik lelah bagi pemudik, baik yang mengendarai kendaraan mobil maupun sepeda motor.

Pengamatan di lokasi tempat peristirahatan di Subah dan Plelen, Kabupaten Batang, Rabu (17/8/2011), lokasi peristirahatan di Plelen lebih lengkap dibanding dengan Subah, Jarak Subah dan Plelen hanya sekitar 10-15 kilometer.

Di lokasi peristirahatan Plelen, yang lokasinya sejuk karena berada di tengah hamparan kawasan pohon-pohon jati, biasanya juga terdapat kios-kios layanan dari sejumlah dealer otomotif terkenal. Mereka ini menyediakan layanan servis murah dan ganti oli gratis, termasuk layanan dari Pertamina Unit Pemasaran Jateng - DI Yogjakarta.

Sedangkan di lokasi peristirahatan Subah, yang juga tersedia lokasi cukup luas di kawasan hutan jati ini, terhampar sejumlah pedagang makanan dan minuman. Minuman yang terkenal di kawasan Subah maupun Plelen adalah kelapa muda berwarna hijau.

Air kepala muda hijau berkhasiat tidak hanya mengembalikan kesegaran pemudik, terutama pengemudi tapi juga bisa meningkatkan vitalitas kaum pria.Begitu menghabiskan air dalam satu butir kepala hijau, pastinya badan jadi segar dan semangat bangkit lagi untuk siap meneruskan perjalanan ke arah Semarang, Surabaya, Solo dan tujuan lain di Jateng maupun Jawa Timur.

Pada hari biasa harga satu butir kepala muda berikut pemanis, bisa gula pasir, sirup atau gula merah hanya Rp 6.000 namun di hari-hari lebaran harganya naik menjadi Rp 10.000 per butir. Jika pemudik berutnung, bisa menikmati kepala muda kopyor yang memiliki nilai khasiat membuat awet muda dengan harga Rp 15.000 per butir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com