Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-KTP Belum Bisa Dimulai Jumat Lusa

Kompas.com - 17/08/2011, 20:20 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Rencana Pemerintah Kota Malang hendak memulai pelaksanaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, atau e-KTP bertepatan dengan tanggal 18 Agustus 2011, jelas tak bisa dilaksanakan.

Meski anggaran yang diperuntukkan bagi proyek e-KTP ini sudah cair untuk Kota Malang, namun berbaga i persiapan teknis belum dilakukan, sehingga rencana dimulainya pelaksanaannya baru akan dilakukan hari Senin (22/8).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkot Malang Rakhmad Nurmala hari Rabu (17/8/2011) mengungkapkan, saat ini anggaran pengerjaan e-KTP sudah terealisasi sebesar Rp 640 juta dari ajuan anggaran sebesar Rp 825 juta. Itu sudah bisa dilakukan untuk menyiapkan komputer di lima kecamatan, katanya, yakni Sukun, Lowokwaru, Blimbing, Klojen dan Kedungkandang.  

Namun karena realisasi anggaran baru terjadi pekan lalu, rencana untuk meresmikan pelaksanaan e-KTP pada hari Kamis tanggal 18 Agustus 2011 belum bisa dilakukan. Meski demikian, Dispenduk capil sudah melaksanakan sejumlah persiapan bimbingan teknis pada para operator di masing-masing kantor kecamatan.

Jumlah SDM dari lima kecamatan ada 100 orang, namun baru tiga kecamatan yang sudah terlaksana kegiatan bim binganya. "Itupun belum semua kegiatan pelatihan sudah dilakukan. Ada tiga tahap pembuatan e-KTP, yakni pemungutan data (enrollment) , personalisasi dan pencetakan. Baru pelatihan pemungutan data yang sudah dilakukan," katanya.

Pelaksanaan e-KTP dilakukan dengan pemasangan sarana komputer pada masing-masing kecamatan pelaksana. Di setiap kecamatan dipasang dua unit komputer. "Anggaran dibelanjakan untuk pembelian dua unit komputer beserta persiapannya, seperti menaikkan daya listrik kantor, jaringan, software, serta pelatihan sumber daya manusia pada semua kantor kecamatan itu," tambahnya.

Menurut Rahmat, menilik kendala-kendala itu, pelaksanaan e-KTP di Malang sebagai salah satu dari sedikit kota yang terbilih mendapat kesempatan rintisan penerapan e-KTP , baru bisa silakukan dengan jadwal baru hari Senin.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com