Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara Bendera Terkecil di Malang

Kompas.com - 17/08/2011, 14:20 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Puluhan anak di bawah asuhan Aliansi Masyarakat Misin Malang (AMMM) di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang merayakan HUT (hari ulang tahun) ke-66 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera kecil.

Lantaran benderanya memang kecil, mereka menyebutnya pengibaran bendera terkecil, meski yang dimaksud bukan dalam artian benar-benar ukuran terkecil.

Upacara bendera dilakukan, kata Koordinator AMMM Muhammad Amrulloh saat ditemui Rabu (17/8/2011), sebagai bentuk protes dan kekecewaan terhadap jalannya kehidupan bernegara, khususnya sektor pendidikan. AMMM sudah bekerja selama empat tahun terakhir mengumpulkan pengaduan masyarakat terkait hak atas akses pendidikan dasar, telah memproses 183 pengaduan berbagai kasus.

Upacara dilakukan oleh anak-anak warga setempat disaksikan anak-anak lain. Para peserta upacara berbaring, sementara tiga anak mengibarkan bendera pelan-pelan. Ukuran bendera 10 cm x 20 cm, dikibarkan dengan diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama seluruh peserta upacara yang berjumah tak sampai 20 anak termasuk para aktivis LSM AMMM.

Para peserta upacara menghormat bendera dalam keadaan berbaring, artinya protes. Sebab dalam keadaan biasa upa cara bendea dilakukan dengan sikap sempurna, berdiri tegak. Lantaran namanya protes, mereka berbaring, namun dengan tetap menghormat bendera.

Selain upacara bendera tersebut, AMMM menyelengga rakan lomba-lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI, yaitu lomba TTS, lomba memecah air dalam plastik dengan mata tertutup, dan aneka bentuk permainan mendidik lainnya. AMMM dan lokasi upacara ini berada di kawasan miskin di tepian Sungai Lesti.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com