Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Anak Mamuju Kena Muntaber

Kompas.com - 09/08/2011, 11:06 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com — Selama sebulan terakhir, lebih dari 1.000 anak di Mamuju, Sulawesi Barat, terserang penyakit muntaber.

Hingga Selasa (9/8/2011), tercatat 111 anak dilarikan ke RSU Mamuju karena serangan penyakit yang disebabkan bakteri E coli itu. Jumlah itu diperkirakan bertambah sebab data tersebut belum mencakup anak-anak yang dirawat di puskesmas di 14 kecamatan lain.

Sejumlah ruang perawatan didominasi oleh pasien muntaber yang rata-rata masih berumur di bawah lima tahun (balita). Rahmatia (19 bulan), salah satunya, baru dilarikan orangtuanya ke RSU Mamuju setelah kondisinya parah.

Rahmatia terus muntah dan buang air besar berkali-kali hingga nyaris mengalami dehidrasi berat. Penanganan cepat tim dokter berhasil menyelamatkan nyawanya. Kini kondisi Rahmatia berangsur pulih.

Menurut Fitri, petugas RSU Mamuju, data korban muntaber sejak pertengahan Juli hingga Agustus terus bertambah. "Sejak pertengahan Agustus hingga Selasa hari ini saja sudah tercatat 111 anak dirawat di RSU Mamuju," ujar Fitri.

Untuk mengantisipasi pertambahan jumlah korban muntaber, pihak RSU Mamuju telah membentuk tim medis kusus untuk menangani penyakit muntaber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com