Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Seismometer GAK Tidak Berfungsi

Kompas.com - 08/08/2011, 21:21 WIB

KALIANDA, KOMPAS.com - Sejak 10 Juli lalu, Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda tidak terpantau akibat tidak berfungsinya alat seismometer.

Hal ini diungkapkan Andi Suardi, Kepala Pos Pemantau GAK di Desa Hargopancuran ketika ditemui Senin (8/8/2011). "Sejak 10 Juli lalu, itu (GAK) tidak terpantau oleh alat. Jadinya, kami hanya melakukan pengamatan manual atau visual," tutur dia.

Namun, pemantauan menggunakan pengamatan visual juga tidak mudah mengingat jauhnya lokasi pos pemantau ini dari GAK. Selain itu, pengamatan visual juga tidak bisa mencatat jumlah gempa dan sering terkendala kabut atau awan mendung.

Ia menduga, tidak berfungsinya alat sesimometer yang terpasang di kaki GAK terjadi akibat tertutupnya penampang panel surya di alat itu oleh abu letusan. Panel surya ini berfungsi sebagai sumber energi untuk mengirimkan data dari seismometer ke pos pemantau.

Berdasarkan catatan Kompas, persoalan tidak berfungsinya seismometer di GAK ini telah terjadi 2-3 kali dalam setahun terakhir. Alat itu akan kembali berfungsi setelah hujan tiba yang menyapu debu di permukaan penampang panel surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com