Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Rumah Cemara Penuhi Janji

Kompas.com - 06/08/2011, 09:50 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Derajat Ginanjar, aktivis Rumah Cemara Bandung, menepati janjinya utuk berjalan kaki Bandung-Jakarta, bila Tim Sepakbola Rumah Cemara bisa berangkat ke Homeless World Cup 21-28 Agustus 2011, di Perancis. Ginanjar memulai perjalanan Sabtu (6/8/2011) pagi ini dan diperkirakan sampai di Jakarta pada Rabu (10/8).

Humas Komisi Penanggulangan AIDS Jawa Barat Tri Irwanda, Jumat kemarin, mengatakan, sepakbola adalah salah satu terobosan kampanye HIV-AIDS yang dilakukan Rumah Cemara sejak 2009.

Rumah Cemara adalah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam perlindungan penderita HIV-AIDS di Indonesia. Bagi Rumah Cemara, sepakbola menjadi jembatan untuk bertemu banyak orang, menyampaikan informasi tentang HIV-AIDS, sekaligus melunturkan stigma dan diskriminasi. Kegiatan kampanye Rumah Cemara melalui sepakbola diberi nama Football for Change.

Tim Sepakbola Rumah Cemara untuk pertama kalinya akan mewakili Indonesia dalam Homeless World Cup. Ajang ini adalah kompetisi sepak bola internasional bagi orang yang tidak punya rumah dan termarjinalkan. Mantan pencandu narkotika dan penyandang HIV/AIDS termasuk di dalamnya. Turnamen yang diselenggarakan sejak 2003 ini memiliki duta internasional pemain top, seperti Didier Drogba dan Rio Ferdinand. 

Berikut adalah ruti perjalanan Derajat:

6 Agustus: Ciwaruga (Perbatasan Kota B andung-Kabupaten Bandung Barat) - Ciranjang

7 Agustus: Ciranjang - Cipanas

8 Agustus: Cipanas - Puncak (Cisarua)

9 Agustus: Cisarua - Cibinong

10 Agustus: Cibinong - Pasar Minggu atau Lenteng Agung Jakarta     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com