Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Audit Gula Rafinasi Segera Keluar

Kompas.com - 05/08/2011, 23:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo menegaskan, hasil audit gula rafinasi yang bocor di pasar konsumsi akan keluar akhir Agustus ini. Pemerintah belum memastikan apakah hasilnya akan diumumkan ke publik atau tidak.

"Kami harus konsultasi dulu ke forum bersama, apakah perlu diumumkan ke publik atau tidak. Yang terpenting adalah bagaimana mereka yang melanggar mendapatkan sanksi setimpal," kata Gunaryo, Jumat (5/8/2011) di Jakarta.

Dia menegaskan, produsen gula rafinasi yang terbukti menjual gulanya ke pasar konsumsi akan dikenai sanksi pengurangan kuota impor gula mentah. "Kalau bahan baku dikurangi otomatis produksi mereka akan terganggu. Saya pikir hukuman itu sudah terlalu berat," tuturnya.

Kementerian Perdagangan memutuskan mengaudit delapan produsen gula rafinasi setelah mendapat laporan peredaran gula rafinasi yang marak di pasaran, dua bulan lalu. Gula rafinasi membuat harga gula lokal terjun bebas. Penurunannya bahkan mencapai Rp 1.000 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com