Jumat, 21 November 2014

News / Regional

Infrastruktur

Jalur Selatan Jabar Masih Diperbaiki

Kamis, 4 Agustus 2011 | 20:23 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Perbaikan jalan masih dilakukan di jalur selatan Jawa Barat. Perbaikan difokuskan di bahu jalan dan penambalan di ruas jalan antara Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada Kamis (4/8/2011), pekerja masih melakukan sejumlah perbaikan bahu jalan dan penambahan aspal. Perbaikan dilakukan di Jalan Raya Nagrog, Nagreg, Cicalengka, Cibatu, dan Ciawi .

Hamidin (37), pekerja proyek di Cibatu, Kabupaten Garut, memperkirakan pekerjaan penambahan aspal akan selesai 3-4 hari ke depan. Pekerja bekerja siang dan malam untuk menambah lapisan aspal dan memperbaiki bahu jalan yang panjangnya sekitar 500 meter.  

"Saya jamin tidak akan menganggu mudik Lebaran karena perbaikan ini pasti sudah selesai sebelum banyak kendaraan lewat sini," katanya.

Lukman (46), pengemudi travel jurusan Bandung-Tasikmalaya, lega dengan adanya perbaikan jalan itu. Alasannya, rusaknya bahu jalan sering kali menjadi penyebab kecelakaan di jalur selatan. Ia mencontohkan, truk yang tercebur sawah akibat bahu jalan yang rusak di sekitar Ciawi, Kabupaten Tasikmlaya, Kamis pagi.  

"Jalan di jalur selatan umumnya sempit, naik turun dan berkelok-kelok. Rusaknya bahu jalan menambah tingkat kesulitan mengemudi di jalur ini," ujar Lukman.

Akan tetapi, Apol (35), pengemudi travel Bandung-Tasikmalaya lainnya, meminta agar penerangan di jalur selatan, khususnya jalur Nagreg, Gentong, dan Ciawi, juga diperbaiki. Tanpa penerangan yang memadai, potensi kecelakaan di tiga titik paling rawan di jalur selatan Jawa Barat itu akan bertambah tinggi.  

"Sekarang yang ada hanya lampu tenaga matahari. Sebagian besar juga kelihatannya rusak karena komponennya hilang dicuri. Jalur ini gelap saat malam hari," kata Apol.


Editor : Agus Mulyadi