Kamis, 24 Juli 2014

News / Regional

Mudik Lebaran

Pangkal Balam Tambah Satu Kapal

Kamis, 4 Agustus 2011 | 16:27 WIB

Berita terkait

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Administrator Pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menambah satu kapal ro-ro (roll on roll off) untuk tujuan Jakarta. Dengan penambahan itu, total tujuh kapal ro-ro melayani rute Pangkal Pinang-Jakarta selama musim mudik Idul Fitri 1432 H

Administrator Pelabuhan Pangkal Balam, Elman Inik, di Pangkal Pinang, Kamis (4/8/2011), mengatakan, penambahan itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim mudik dan balik Lebaran. Dengan tujuh kapal, diharapkan tidak ada penumpang yang tidak terangkut.

"Setiap kapal berkapasitas antara 300 hingga 400 penumpang," ujar Elman.

Dalam situasi normal, pelayaran Pangkal Pinang-Jakarta membutuhkan waktu hingga maksimal 20 jam. Waktu itu termasuk untuk keluar dan masuk pelabuhan, serta bongkar muat. Setiap hari rata-rata 350 penumpang tujuan Jakarta berangkat dari Pangkal Balam.

"Angkutan lebaran melalui jalur laut di Pelabuhan Pangkal Balam mencukupi untuk melayani para pemudik yang akan merayakan lebaran di kampung halamannya," ujarnya.

Administartor Pelabuhan Pangkal Balam juga akan mendirikan pos pelayanan dan pengaman terpadu. Pos itu akan beroperasi H-15 hingga H+15 Lebaran. Perwakilan dari kepolisian, Pelindo, PMI, Dinas Kesehatan Pelabuhan akan disiagakan di pos itu.


Editor : Agus Mulyadi