Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokalisasi Gang Sadar Baturraden Tutup

Kompas.com - 01/08/2011, 19:47 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Memasuki bulan puasa Ramadhan, lokalisasi Gang Sadar I dan 2 di kompleks obyek wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup. Para pekerja seks yang biasa disebut dengan istilah 'anak kost' mengosongkan rumah bordil dan memilih mudik ke kampung halamannya.  

 

Berdasarkan kesepakatan antara musyawarah pimpinan kecamatan dengan pengelola Gang Sadar, lokalisasi ditutup selama Ramadhan. "Para pekerja seks diminta tidak beroperasi," kata Camat Baturraden, Imam Pamungkas, Senin (1/8/2011). 

Menurut Imam, kebanyakan penghuni Gang sadar berasal dari luar kota, seperti Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, Kuningan, Pekalongan, Tegal, dan Semarang. Di Gang Sadar 1 dan 2 Baturraden, yang masuk wilayah Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, terdapat sekitar 150 pekerja seks komersil (PSK) dengan 60 induk semang. Rata-rata setiap induk semang memiliki 2-3 PSK.

Saat Ramadhan, pintu masuk gang yang berada bersebelahan dengan terminal wisata juga akan ditutup. Sejumlah PSK mengakui, kendati penutupan tersebut menyebabkan tidak adanya penghasilan selama sebulan, mereka menghentikan operasinya sementara untuk menghormati bulan Ramadhan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com