Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta H + 3 dan H + 4 Ludes

Kompas.com - 27/07/2011, 20:43 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiket kereta api angkutan Lebaran kelas eksekutif dan bisnis untuk keberangakatan H + 3 dan H + 4 Lebaran dari Surabaya ke Jakarta sudah ludes terjual. Sejauh ini PT Kereta Api Daerah Operasi VIII Surabaya belum menetapkan adanya kereta tambahan.

Kepala Humas PT Kereta Api Daop VIII Sri Winarto menuturkan, pihaknya memprediksi arus balik Lebaran akan terasa pada H + 3 Lebaran. "Ternyata sesuai data dari pelayanan tiket, tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif untuk H + 3 pada 3 September dan H + 4 pada 4 September Lebaran sudah habis," katanya saat ditemui, Rabu (27/7/2011).

Menurut dia, angkutan Lebaran di Daop VIII Surabaya dimulai pada 25 Agustus hingga 11 September. Namun karena menjadi daerah tujuan mudik Lebaran, puncak arus angkutan Lebaran baru dirasakan pada arus Lebaran yakni mulai 1 September mendatang. Setiap hari, setidaknya ada 10 rangkaian kereta api reguler menuju Jakarta dan Bandung.

Ia menambahkan, saat ini penjualan tiket untuk keberangkatan pada H + 5 H + 11 Lebaran juga sudah mulai dilakukan. "Kami akan melihat datanya bagaimana. Untuk saat ini k ami masih akan mengupayakan kereta reguler guna melayani penumpang angkutan Lebaran. Namun kalau memang nanti diperlukan, penambahan kereta sangat mungkin dilakukan," tambahnya.

Berbeda dengan tiket kereta pada arus balik Lebaran, sampai saat ini tiket kereta untuk keberangkatan sebelum Lebaran masih tersedia. Jumlah kursi yang tersedia masih 40 persen.

Sri Winarto menghimbau calon penumpang untuk menghindari calo. Untuk memudahkan calon penumpang, pembelian tiket angkutan Lebaran sudah dimulai sejak 40 hari sebelum Lebaran. Selain itu, tiket bisa dibeli di kantor pos dan sejumlah bank.

"Nanti kami juga akan mencocokkan nama di tiket dengan nama penumpang, sehingga kalau namanya tidak sesuai akan ada tindakan dari petugas," jelasnya.

Salah seorang calon penumpang Fachrudin menuturkan, ia membeli tiket untuk keberangkatan ke Jakarta pada H + 5 Lebaran. "Kemarin juga mencari tiket untuk tanggal 4 September, tapi ternyata sudah habis. Jadi sekarang kembali lagi ke sini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com