Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djarum Bikin "Hutan" Trembesi di Kendal

Kompas.com - 27/07/2011, 10:35 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Ribuan pohon Trembesi atau Pohon Hujan ditanam di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang ditandai dengan penanaman bersama di Jalan Lingkar Kaliwungu, Kendal, Rabu (27/7/2011). Penanaman bersama ini masih merupakan lanjutan dari penanaman 7.300 trembesi di sepanjang turus jalan Semarang-Losari pada Mei 2011 lalu. Penanaman ribuan bibit trembesi tersebut dilakukan bersama-sama oleh Djarum Foundation, Bupati Kendal, Widyakandi Susanti, Kepala Kantor KLH Kabupaten Kendal, Muryono, perwakilan LSM lingkungan lokal, mahasiswa penerima beasiswa Djarum (Beswan Djarum Plus), serta personil band ST 12 dan pedangdut Uut Permatasari.

"Target kami antara 5000 sampai 9000 Trembesi, terutama di kawasan kota dan pesisir. Harapan kami, kegiatan penanaman ini akan menumbuhkembangkan semangat konservasi ekosistem kepada semua komponen masyarakat," ujar Kepala Kantor KLH Kabupaten Kendal, Muryono sebelum acara penanaman berlangsung.

Menurut Program Director Djarum Foundation, Primadi M Serad, penanaman ini merupakan rangkaian Djarum Trees for Life dalam rangka melakukan penghijauan dengan pohon trembesi di sepanjang 478 kilometer di Jalur Pantura, Jawa Tengah, hingga 2014. Penanaman tahun ini dilakukan mulai Losari di perbatasan Jawa Barat sampai Bulu di perbatasan Jawa Timur.

"Nantinya ribuan trembesi yang kami tanam dan rawat ini akan mampu menyerap 685 juta kg gas CO2 setiap tahunnya. Ini tentunya bermanfaat bagi masyarakat untuk bersama-sama mengurangi pemanasan global," ujar Primadi.

Adapun pada 2010 lalu, lanjut dia, program Djarum Trees for Life ini sudah menyelesaikan tahap pertama penanaman trembesi di wilayah Pantura Jateng, yaitu 2.767 di sepanjang jalur Kudus-Semarang. Di Jawa Barat, bekerjasama dengan Korem 061 Surya Kencana, Bogor, program ini telah melakukan penanaman trembesi di kawasan Cigombong, Lido, dan Selabintana, Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com