Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman

Kompas.com - 26/07/2011, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Panja Inflasi dan Suku Bunga Komisi XI DPR Kemal Azis Stamboel mengingatkan agar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bekerja ekstra dan segera meningkatkan koordinasi untuk memastikan stok kebutuhan pokok di masing-masing daerah.

"TPID yang terdiri dari pemda dan Bank Indonesia daerah harus proaktif untuk berkoordinasi dengan Kemendag dan Bulog untuk memastikan stok kebutuhan pokok di daerah masing-masing," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/7/2011).

BPS, menurut Kemal, telah menyampaikan bahwa harga barang pokok, seperti beras, daging, telur ayam, gula pasir, dan bawang merah, telah naik relatif tinggi pada bulan Juli ini. Meski laju inflasi Juli diperkirakan masih di bawah 1 persen, tetapi bisa saja perkiraan BPS ini meleset seperti bulan sebelumnya. "Tentu yang lebih mengkhawatirkan inflasi Agustus karena sudah Ramadhan dan menjelang Lebaran. Ini harus diantisipasi dengan memastikan stok kebutuhan pokok di masing-masing daerah", ujarnya.

Peran TPID, menurut Kemal, sangat strategis mengingat salah satu masalah inflasi nasional yang sangat mendasar dan khas Indonesia adalah besarnya tekanan inflasi yang berasal dari daerah. "Masalah pasokan dan distribusi barang antardaerah sangat signifikan memengaruhi inflasi nasional. Oleh karenanya, upaya mengendalikan kenaikan harga barang tidak cukup apabila hanya dilakukan di pusat, tetapi juga harus dilakukan di daerah di seluruh Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com