Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Terancam Terhenti

Kompas.com - 26/07/2011, 15:52 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Proyek jalan tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, ruas seksi I Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 kilometer dua tahun ini terhenti.

Sejak pekerjaan konstruksi rampung 2009, ruas jalan tol itu masih menunggu proses uji kelayakan dari tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementeriam Perhubungan supaya bisa berfungsi.   

Ruas jalan tol itu sempat ambles ketika akan uji coba pada pertengahan 2010. Perbaikan jalan ambles sudah selesai setelah dikerjakan hampir empat bulan ini.

"Idealnya, uji coba bisa untuk arus mudik Lebaran," kata Kepala Subdivisi Lahan dan Pekerjaan Teknis PT Trans Marga Jateng, Adi Prasentianto, Selasa (26/7/2011), ketika memaparkan perkembangan pekerjaan jalan tol ruas Semarang-Ungaran, bagian dari jalan tol Semarang-Solo di Semarang.

Adi mengemukakan, pihaknya sudah menyiapkan penambahan rambu-rambu lalu lintas serta pengecekan konstruksi jalan seandainya pihak Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) mengizinkan rencana uji coba jalan tol baru untuk arus mudik bagi kendaraan pribadi.

Ia menyebutkan pula, di ruas jalan tol baru sepanjang 10,85 km itu tidak seluruhnya dilengkapi lampu penerangan jalan umum (PJU). Lampu PJU hanya khusus terpasang di jalur rawan, serta pintu gerbang keluar dan masuk jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com