Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Garut Dituntut Mundur

Kompas.com - 25/07/2011, 11:42 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Ribuan orang dari berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi kepemudaan se-Kabupaten Garut, Jawa Barat, menggelar unjuk rasa menuntut Bupati Aceng HM Fikri mundur dari jabatannya, Senin (25/7/2011).

Dalam orasi yang dipimpin langsung oleh Ganda Permana (GMBI), mereka menyatakan Aceng harus mundur karena tidak mampu memimpin pemerintahan hingga mengakibatkan reformasi birokrasi gagal.

Mereka menilai Aceng mengkhianati masyarakat pemilih independen sebab kini dia bergabung dengan salah satu partai politik. Aceng dinilai gagal mengentaskan rakyat dari kemisikinan sebab berpihak kepada kapitalis, terindikasi korupsi dana APBD, bantuan sosial DBH, dan bencana alam.

"Selama tiga tahun memimpin, Aceng tidak pernah memerhatikan kondisi infrastruktur pedesaan yang sangat parah," ujar Ganda mewakili para pengunjuk rasa.

Ribuan pendemo juga memasang baliho di berbagai lokasi strategis, seperti simpang lima Tarogong, Alun-alun Tarogong, dan Alun-alun Garut. 

Baliho itu berisi tuntutan mereka agar Bupati Garut segera mundur. Selain itu, para pendemo juga membagikan pamflet yang menyebut isu poligami bupati yang dilansir oleh salah satu media terbitan Jakarta.

Demo ini direncanakan berlangsung selama tiga hari, hingga Rabu (27/7/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com