Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Jual Kakao dan Kopra Menurun

Kompas.com - 12/07/2011, 05:32 WIB

GORONTALO, KOMPAS - Harga jual kakao dan kopra ke pengepul di Gorontalo menurun akibat putusnya jalur trans-Sulawesi bagian selatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Pedagang pengepul berdalih ongkos pengangkutan bertambah sejak jalur trans-Sulawesi putus pada bulan lalu.

Petani kopra, Mustafa Kulupani (50), mengatakan, harga kopra turun dari Rp 8.000 per kilogram menjadi Rp 7.000 per kg. Secara terpisah, petani kakao di Kabupaten Bolaang Mongondow, Ahmad Ismail (40), mengatakan, harga jual kakao turun dari Rp 18.000 per kg menjadi Rp 15.000-Rp 16.000 per kg.

”Namun, kehilangan keuntungan ini dapat kami maklumi karena ini akibat musibah bencana alam yang memutuskan jalur trans-Sulawesi,” ujar Ismail, Senin (11/7).

Suleman Kau (40), pengepul kakao, mengatakan, dalam keadaan normal, kakao dan kopra dari Bolaang Mongondow diangkut menuju Palu melewati Kabupaten Bone Bolango di jalur selatan Gorontalo. Namun, kini, angkutan dialihkan melewati bagian utara Gorontalo.

”Biasanya kami hanya memerlukan waktu dua hari menuju Palu. Kini, memerlukan waktu hingga empat hari,” ujarnya.

Akibatnya, kata Suleman, ongkos angkutan membengkak hingga dua kali lipat. Dalam kondisi normal, ongkos angkut ke Palu Rp 4 juta per truk.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, perbaikan jalan dilaksanakan paling cepat pada akhir bulan ini. (APO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com