Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Premium Capai Rp 15.000 Per Liter

Kompas.com - 11/07/2011, 16:20 WIB

JAMBI, KOMPAS.com — Harga bensin premium di Kota Jambi "menggila" hingga Rp 15.000 per liter. Penyebabnya adalah panjangnya antrean di hampir seluruh stasiun pengisian bahan bakar untuk umum, Senin (11/7/2011).

Banyak warga yang enggan mengantre di SPBU dan memilih membeli premium di pedagang eceran. Hal itu mendorong harga premium di tingkat pengecer melonjak dari sebelumnya Rp 5.000 per liter menjadi Rp 15.000 per liter. "Mau tidak mau kami beli bensin eceran karena repot sekali jika harus mengantre panjang di SPBU," ujar Hadi, warga Thehok.

Berdasarkan pantauan Kompas, antrean di SPBU Kebon Jeruk berlangsung sejak pukul 07.00. Pengendara menunggu masuknya angkutan premium dari depot Pertamina yang baru tiba di SPBU pukul 10.00. Mengetahui pasokan premium tiba, antrean kendaraan roda empat dan roda dua kian panjang hingga mencapai 500 meter. Padatnya kendaraan di sekitar SPBU juga sempat menimbulkan kemacetan. Hingga pukul 14.30, calon pembeli masih memadati SPBU.

Kondisi serupa terjadi pula di sejumlah SPBU seperti di Telanaipura, Beringin, Sejinjang, dan Persijam.

Daya beli masyarakat atas premium melonjak sejak Sabtu (9/7/2011), sehari setelah Gardu Induk PLTG Payo Selincah terbakar, diikuti pemadaman listrik di Kota Jambi, serta sebagian Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Muara Bulian. Belum adanya kepastian kapan listrik kembali hidup mendorong masyarakat membeli genset. Akibatnya, pembelian bahan bakar untuk genset ikut meningkat.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com