Rp 7 Miliar bagi Rumah Tangga Sangat Miskin - Kompas.com

Rp 7 Miliar bagi Rumah Tangga Sangat Miskin

Kompas.com - 05/07/2011, 18:05 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com — Dana Program Keluarga Harapan sebesar Rp 7,867 miliar dicairkan untuk 27.923 rumah tangga sangat miskin di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Dana Program Keluarga Harapan (Dana PKH) yang dicairkan melalui Kantor Pos Lamongan saja senilai Rp 1,271 miliar untuk 4.565 rumah tangga sangat miskin (RTSM) di tiga kecamatan, yakni Turi, Deket, dan Tikung.

Pencairan dana PKH tahap II tahun 2011 di Kantor Pos Cabang Lamongan, Selasa (5/7/2011), disaksikan Bupati Lamongan Fadeli. Fadeli berharap agar peserta PKH menggunakan dana tersebut sesuai peruntukannya.

Dia mencontohkan, bagi ibu hamil, mereka diimbau memeriksakan kandungannya dengan teratur sehingga kondisi ibu dan bayinya terus terpantau. Bagi yang memiliki anak balita, mereka diimbau memeriksakan kesehatan anaknya agar tumbuh kembangnya optimal. Adapun bagi yang memiliki anak bersekolah, mereka diimbau untuk harus terus mengikuti proses belajar mengajar.

Setiap RTSM penerima manfaat program itu wajib secara rutin mendatangi fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk menghindari sanksi serta untuk menjamin masa depan keluarga miskin.

Program PKH ini bersyarat dan mendidik. "Bila tidak melaksanakan kegiatan sesuai syarat dan ketentuan, maka penerima dana bisa dikenai sanksi Rp 50.000 per bulan," tutur Fadeli.

Fadeli mengapresiasi para pendamping PKH yang telah bekerja keras mendampingi RTSM penerima dana serta PT Pos Indonesia sebagai penyalur yang telah memberikan layanan terbaik. Para pendamping PKH diharapkan lebih aktif lagi mendampingi peserta PKH pada masa mendatang.

"Diharapkan, semua kecamatan di Lamongan mendapat bantuan PKH karena program tersebut merupakan pemutus mata rantai kemiskinan," katanya.

Berdasarkan data terakhir pembayaran tahap II PKH tahun 2011, tercatat ada 34.963 RTSM di Lamongan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 27.923 RTSM dinyatakan memiliki beban tanggungan yang masuk kriteria PKH. Sementara itu, 7.031 RTSM lainnya dinyatakan non eligible atau tidak memiliki beban tanggungan yang masuk kriteria PKH.

Di Lamongan, penerima PKH tersebar di 20 kecamatan dan hanya tujuh kecamatan yang belum tesentuh PKH. Program ini sudah berjalan sejak 2007 di Lamongan. Total bantuan sampai tahap II tahun 2011 mencapai Rp 150,438 miliar untuk 35.925 RTSM.

Pada tahun 2007, Lamongan mendapat bantuan untuk 17 kecamatan, dan tahun 2009 hingga semester I pada 2011 sebanyak 20 kecamatan.

EditorBenny N Joewono