Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Kaliwungu Akan Beroperasi Lagi

Kompas.com - 05/07/2011, 08:07 WIB

KENDAL KOMPAS.com — Setelah mangkrak selama empat tahun, pelabuhan penumpang Kaliwungu, Kendal, Jawa tengah, akan beroperasi lagi tahun 2012. Dua kapal bantuan dari pemerintah pusat sudah disiapkan. Kapal itu akan melayani penumpang Kaliwungu-Kumai.

Hal itu ditegaskan oleh anggota DPR, Agus Hermanto, saat menghadiri pemancangan pertama dermaga Pelabuhan Kaliwungu, Kendal, Senin (4/7/2011). Menurut dia, pemerintah daerah Kabupaten Kendal sudah layak memiliki pelabuhan sendiri. Pasalnya, Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang sudah padat dan overload.

"Masyarakat Kendal, Batang, Pekalongan, dan sekitarnya yang mau ke Kumai, Kalimantan, tidak usah ke Semarang. Sebab, di sini sudah bisa," kata Agus.

Untuk itu, pihaknya akan mencoba membantu Pemerintah Kendal supaya bisa mendapat anggaran dari pusat untuk pembangunan sarana prasarana, seperti jalan menuju pelabuhan.

Sementara itu, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengaku, perbaikan Pelabuhan Kaliwungu sudah menghabiskan anggaran sekitar 150 miliar. Pelabuhan tersebut hampir empat tahun mangkrak setelah suaminya, Hendy Budoro (mantan Bupati Kendal) tidak menjabat lagi. "Ide pembangunan pelabuhan ini dari suami saya. Untuk itu, saya berhak melanjutkannya," kata Widya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com