Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Batik

Batik Komoro Papua Dipamerkan di Jakarta

Selasa, 28 Juni 2011 | 15:04 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Motif terbaru batik Papua dari Suku Kamoro dan Amukme yang dirilis oleh pengusaha dan desainer batik Papua Jimi Hendrick Afaar akan dipamerkan di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, 9-17 Juli 2011.

"Guna memperkenalkan kepada masyarakat nusantara dan para turis, saya beserta sejumlah rombongan lainnya akan mengikuti pameran di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta bulan depan," katanya di rumah Butik Port Numbay, Kotaraja, Jayapura, Selasa (28/6/2011).

Dikatakannya, butiknya juga akan memamerkan sejumlah motif batik asal Kota Jayapura dan suku-suku lainnya yang ada di Papua. "Selain motif Komoro dan Amukme, saya juga akan memamerkan motif batik Port Numbay/Kota Jayapura di sana," katanya.

Menurut dia, lewat batik yang dibuat oleh butiknya dengan menggunakan motif dari berbagai suku di Papua, ia juga akan menceritakan kembali berbagai kekayaan budaya dan adat istiadat yang hampir punah atau terlupakan.

"Saya mempunyai tangung jawab untuk mengangkat dan memelihara kekayaan budaya Papua lewat batik, apa lagi ada yang hampir punah atau terlupakan," tuturnya.

Dia berharap melalui inovasi motif batik yang lebih luas sampai seluruh daerah Papua, pelanggan batik Port Numbay baik yang berada di Indonesia dan luar negeri memiliki banyak pilihan.

"Memuaskan pelanggan sangat penting dilakukan, apalagi saat ini batik Port Numbay tidak hanya dikenal di Indonesia, khususnya Papua tetapi sudah merambah hingga Italia dan beberapa negara lainnya," ungkapnya.

Sebelumnya pada Sabtu (25/6/2011) butik batik Port Numbay dikunjungi oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan sejumlah rombongan, dan mendapat pujian dari menteri dengan mengatakan bahwa batik dengan motif Papua sangat bagus.

Selama ini butik Port Numbay selalu menghadirkan motif tifa, perahu, burung dan lainnya, tetapi untuk motif Komoro dan Amukme lebih terkenal dengan motif patung dan lainnya.

Selain dalam bentuk kain, butik batik Port Numbay juga menyediakan produk lainnya berupa kemeja, kebaya, gaun pengantin dan berbagai keperluan aksesoris rumah tangga, seperti penutup tempat tidur, tutup galon air mineral dan lainnya.

Selama mengikuti pameran di Jakarta, Jimi Hendrick Afaar akan membawa kru sebanyak enam orang antara lain satu orang pembatik.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: