Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Laut Kendal Ditanami Trembesi

Kompas.com - 10/06/2011, 16:12 WIB

KENDAL KOMPAS.com - Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Jamsostek Cabang Semarang I, menanam 400 pohon trembesi (Albazia saman), Jumat (10/6).

Penanaman berlokasi di sepanjang Jalan Laut, Kendal, dan berakhir di Muara Bandengan. Lokasi itu dipilih, karena di kanan kiri tidak ada tanaman. Sementara dipilihnya pohon trembesi, karena pohon itu mampu menyerap air tanah yang kuat.

Muryono, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kendal, mengatakan, pohon trembesi banyak ditanam di pinggir jalan dan pekarangan yang luas sebagai pohon peneduh. Tajuknya yang lebar dan daunnya yang lebat, ditambah dengan jaringan akarnya yang luas, mampu menyerap air dengan maksimal.

Pohon ini dipercaya mampu memberikan kontribusi dalam menanggulangi pencemaran udara dan ancaman pemanasan global. "Di sepanjang Jalan Laut hingga ke Pantai Bandengan gersang. Kami berharap, tumbuhan bisa hidup dan rindang," ujar Muryono.

Muryono menambahkan, kegiatan penanaman pohon merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup. "Sebelumnya kami juga menanam bibit teh, kopi sengon, dan pekan depan kami akan menanam mangrove di sepanjang pantai utara kendal," katanya.

Sementara Kepala Jamsostek Cabang Semarang I, Nunuk Trihatmani, mengatakan, tujuan partisipasi penanaman pohon ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Jamsostek Wilayah Jawa Tengah. "Selain 400 bibit pohon trembesi, kami juga menyerahkan 10 tempat sampah pemilahan anorganik dan organik," kata Nunuk.

Ke-100 tempat sampah itu akan di pasang di wiayah RTH Kalireyeng, Kebondalem, Kendal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com