Ulat Bulu Raksasa Mulai Serang Pemukiman - Kompas.com

Ulat Bulu Raksasa Mulai Serang Pemukiman

Kompas.com - 27/05/2011, 08:46 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Serangan ulat bulu raksasa yang menyerang tanaman mete di Dusun Sambeng IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, kini memasuki permukiman warga.

Salah satu warga, Surono, mengatakan, pohon yang terserang ulat raksasa itu kini tidak hanya menyerang tanaman mete, tetapi juga pohon jati dan kedondong. Berpindahnya ulat bulu raksasa ini diduga karena daun mete sudah mulai habis sehingga berpindah ke tanaman yang paling dekat.

"Saat ini kami semakin dipusingkan dengan banyaknya ulat bulu yang masuk ke rumah warga, menempel di tembok dan lantai," ujarnya, Kamis (26/5/2011).

Surono menambahkan, tak banyak yang bisa dilakukan warga selain secara swadaya melakukan pembakaran ulat bulu raksasa tersebut.

Sementara itu, Simon Sartono, Kasubsi Pengendali dan Perlindungan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunung Kidul, menuturkan, untuk mengatasi serangan ulat bulu di Sambeng IV, akan lebih baik dilakukan dengan mekanis dan sanitasi.  "Hal tersebut lebih efektif dan bisa menekan populasi ulat bulu raksasa ini agar tidak meluas," ujarnya.


EditorGlori K. Wadrianto

Close Ads X