Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Magelang Wakili Indonesia ke Turki

Kompas.com - 26/05/2011, 10:44 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Prestasi membanggakan berhasil diraih pelajar Indonesia di tingkat internasional. Tim robotik tingkat SMP asal Kota Magelang, Jawa Tengah, akan mewakili Indonesia ke kontes robot di Istanbul, Turki, pada Juli 2011.

Mereka adalah Wahyu Aryono Nugroho dan Odiaz Bumma, siswa SMP Negeri I Magelang. Dalam kompetisi tersebut, tim SMP Negeri 1 juga meraih juara I di nomor Rule of Robocup Rescue A Primary (usia < 14 tahun) atas nama Immanuel Andrew S dan Liwiriyon Sudarso.

Sebelumnya, tim robotik ini berhasil memenangi kompetisi Robot Imagine Ristek 2011 di PP Iptek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 18-22 Mei.

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang Tohirin mengatakan, kontes robot dilaksanakan dalam rangka Hakteknas Ke-16 yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi bekerja sama dengan PP Iptek, klub robotik G-Com teknologi, Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI), dan Surya Institute.

"Lomba tersebut untuk memacu pengembangan potensi, bakat, dan minat siswa dalam mempelajari teknologi robotika. Pemenang pertama kontes robot tersebut akan menerima piala dan penghargaan yang akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 10 Agustus 2011 di PP Iptek Serpong," papar Tohirin, Kamis (26/5/2011).

Menurut dia, keberhasilan para siswanya meraih prestasi nasional di bidang teknologi robotik tersebut tidak lepas dari peranan para guru pembimbing. Apalagi di SMPN I Magelang juga diadakan ekstrakurikuler robot dan diminati banyak siswa. "Ini memang ekstrakurikuler baru dan banyak peminatnya," kata Tohirin.

Sebelum kompetisi robot digelar, lanjutnya, diadakan seminar umum bertajuk "Memperkenalkan Iptek yang Asyik, Mudah, dan Menyenangkan" dengan pembicara pakar robotika Dr Riza Muhida dan Dr Wahidin Wahab, dosen Universitas Indonesia dan peneliti yang telah berkecimpung di dunia robotika.

Dalam kompetisi tersebut, Robotik Sains Club Magelang berpartisipasi mengikuti kegiatan kontes robot antara lain 3 tim tingkat SD Rule of Imagine, 1 tim tingkat SMP dan Rule of Robocup, 1 tim Rescue A Primary (usia < 14 tahun), 2 tim Rescue A Secondary (usia 14-19 tahun), dan 3 tim Rescue B  (kategori umum).

Para juri terdiri dari Paulus Ari Yuono (Robotik Sains Club Magelang), Chanam Muklison ( BSW Jakarta), Muliadi Ang (Universitas Maranata Bandung) Tjio Hok Hoo (Robotik Surabaya), dan Laurenz Wohlfarth (Fischertechnik Jerman).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com