Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting Berani Dulu

Kompas.com - 25/05/2011, 02:50 WIB

Ketika Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Moeldoko (54) tiba di tempat latihan menembak, Bengkel Pemeliharaan Kodam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/5) pagi, hadirin langsung berdiri. Suasana riuh pun berhenti menjadi sunyi seperti siap siaga.

Pangdam rupanya membaca suasana kaku tersebut. Ia tidak duduk, tetapi langsung naik panggung dan menyanyikan lagu lawas, ”I Started A Joke” dari Bee Gees. Suasana pun langsung cair karena tepuk tangan hadirin begitu riuh menyambut suara lulusan terbaik Akabri 1981 itu.

”Yang penting berani dululah tampil,” ujar Pangdam Siliwangi disambut tawa hadirin, yakni jajaran pers di Bandung yang diajak berlatih menembak dalam rangka HUT ke-65 Kodam III Siliwangi. Menurut Pangdam, HUT Siliwangi yang jatuh pada 20 Mei tidak akan dirayakan secara seremonial. Akan tetapi, diisi oleh berbagai kegiatan masyarakat, dari pentas seni, pasar murah, kuliner, hingga atraksi terjun payung.

Semua kegiatan tersebut dipusatkan di Lapang Tegalega Kota Bandung pada 19-22 Mei. ”Sekarang masyarakatlah yang merayakannya sebab Siliwangi adalah rakyat Jawa Barat-Banten dan rakyat Jawa Barat-Banten adalah Siliwangi,” ujar Moeldoko yang pernah menjabat Panglima Divisi I Kostrad dan Kasdam Jaya tersebut.(dmu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com