Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Selatan Jawa Harus Dibuka

Kompas.com - 22/05/2011, 08:38 WIB

BANDUNG.KOMPAS.com - Kawasan selatan Pulau Jawa harus menjadi prioritas pembukaan di masa mendatang karena merupakan kantong-kantong kemiskinan. Atas dasar itu, kawasan selatan provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogjakarta, hingga Jawa Timur.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan hal tersebut di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/5/2011). Menurut Hatta, kawasan selatan Jawa harus terhubung satu sama lain. " Selatan jawa harus dibuka, karena kantong kemiskinan terkumpul di sana dan harus diurai. Harus ada konektivitas di sana, sehingga infrastruktur harus dibangun. Kami juga memberikan perhatian pada keinginan masyarakat Jawa Barat yang ingin membangun badar udara berskala internasional di Kertajati," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, Deny Juanda Paradimaja mengatakan, daerah selatan Jawa Barat akan dibangun jalan tembus sepanjang 425 kilometer. Jalan ini akan menghubungkan kawasan Pelabuhan Ratu-Sukabumi hingga Pangandaran-Ciamis.

"Kementerian Pekerjaan Umum sudah menaikan status jalur jalan selatan Jawa Barat ini dari non status menjadi jalan strategis nasional. Akan ada kucuran dana sebesar Rp 250 miliar untuk membangun jalan di daerah selatan itu. Selain itu, akan ada jalan yang menghungkan Bandung dengan kawasan selatan, sepanjang 90 kilometer, sehingga Jakarta-Bandung-Pantai Selatan hanya 4,5 jam," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com