Sabtu, 2 Agustus 2014

News / Regional

Pilkada

Dua Calon Golkar Menang di Maluku

Selasa, 17 Mei 2011 | 17:16 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil penghitungan cepat (quick count), dua pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang diusung Partai Golkar memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Pemungutan suara pilkada di dua tempat itu dilaksanakan bersamaan pada Senin (16/5/2011).

Di Ambon, berdasarkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan oleh Konsultan Citra Indonesia (KCI), pasangan Richard Louhenapessy-MAS Latuconsina memperoleh suara sebanyak 38,61 persen, mengalahkan tujuh pasangan kandidat lainnya. KCI mengambil sampel di 192 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 615 TPS untuk memperoleh hasil penghitungan cepat tersebut.

Sementara di Kabupaten Seram Bagian Barat, berdasarkan hasil penghitungan cepat oleh Jaringan Suara Indonesia (JSI), pasangan Jacobus F Puttileihalat dan Muhammad Husni memperoleh suara 39,17 persen, mengalahkan lima pasangan kandidat lainnya. JSI mengambil sampel di 244 TPS dari total 357 TPS.

Tidak hanya memperoleh suara terbanyak, dengan jumlah suara yang diperoleh lebih dari 30 persen suara, kedua pasangan ini bisa memenangi pemilu hanya dalam satu putaran.

Meski hasil penghitungan cepat telah menyebutkan kemenangan diraih kedua pasangan tersebut, hasil ini bukanlah hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat. Rapat pleno rekapitulasi suara atau penentuan pemenang pilkada di Ambon dan Seram Bagian Barat baru akan dilakukan pekan depan oleh KPU.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Golkar Wilayah Maluku Etty Sahuburua mengatakan, dengan kemenangan di Ambon dan Seram Bagian Barat, berarti sudah ada empat kabupaten/kota di Maluku yang kepala daerah dan wakil kepala daerahnya diusung oleh Golkar. Sebelumnya, pasangan kepala daerah yang diusung Golkar memenangi pemilu di Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Aru.

"Kami menargetkan kemenangan bisa diraih juga pada pilkada Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang rencananya digelar tahun ini juga," kata Etty. Di Provinsi Maluku terdapat sebelas kabupaten/kota.    

 

 

 

 


Editor : Nasru Alam Aziz