Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Gempa

Pusat Gempa Blitar di Samudra Indonesia

Selasa, 17 Mei 2011 | 11:45 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Gempa mengguncang wilayah Kabupaten Blitar di selatan wilayah Provinsi Jawa Timur hari Selasa (17/5/2011). Belum dilaporkan apakah ada kerusakan terhadap warga dan permukiman warga, terutama di wilayah pantai selatan, sebab gempa dilaporkan terjadi pada kedalaman 25 km di 170 km arah tenggara Kota Blitar. Artinya, gempa berada di kawasan perairan Samudra Indonesia.

Kepala Bagian Sandi dan Telekomunikasi (Sanditel) Pemerintah Kabupaten Malang Bagyo Setyono yang dihubungi hari Selasa (17/5/2011), mengutip penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Karangkates, Malang, mengungkapkan, amplitudo gempa mencapai 6,1 skala Reichter (SR) pada pusat gempa.

Gempa terjadi pukul 07:14:58 WIB, berlokasi di 9,55 derajat Lintang Selatan (LS) dan 122,55 derajat Bujur Timur (BT). Lokasi di wilayah tenggara Blitar ini, kata Bagyo, persisnya berada di selatan wilayah Kabupaten Malang. Gempa terjadi di 156 km selatan Pantai Balekambang wilayah Kabupaten Malang, atau 172 km selatan stasiun klimatologi dan peralatan seismologi di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

"Data BMKG menunjukkan bahwa gempa di tenggara Blitar. Namun, setelah kami masukkan datanya ke peta, ternyata lebih tepat lokasinya berada di selatan Kabupaten Malang," kata Bagyo Setyono.

Belum dilaporkan apakah di Blitar atau di Kabupaten Malang ada dampak gempa ini terhadap masyarakat dan permukiman.


Editor : A. Wisnubrata