Jumat, 19 September 2014

News / Regional

Gempa Bumi

Malang Raya Diguncang Gempa 6,1 SR

Selasa, 17 Mei 2011 | 11:13 WIB

MALANG,KOMPAS.com — Kejadian mengejutkan menimpa wilayah Malang Raya (Kota Malang/Batu dan Kabupaten Malang), Jawa Timur. Di wilayah tersebut telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter (SR). Gempa tersebut terjadi pada Selasa (17/5/2011) pukul 07.15 WIB. Untungnya, gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan bangunan di wilayah Malang Raya.

Menurut Kepala Subbagian Sandi dan Telekomunikasi (Sanditel) Tim SAR Kabupaten Malang Bagio Setiono, laporan terakhir dari tim SAR di lapangan belum ada korban jiwa atau kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

"Memang ada gempa tadi pagi. Gempa yang terjadi di 156 kilometer selatan Pantai Balekambang atau 172 kilometer selatan Karangkates masih nihil korban dan tsunami juga belum ada laporan," katanya saat dihubungi via telepon, Selasa (17/5/2011).

Berdasarkan laporan yang ditermia pihak Sanditel, lokasi gempa terletak di 9,55 Lintang Selatan (LS), 12,55 Bujur Timur (BT), atau 170 kilometer tenggara Blitar, dengan kedalaman 25 kilometer.

Salah satu petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Malang, Umi Eka Satrina, juga membenarkan peristiwa tersebut. Dia menjelaskan, gempa berpusat di tenggara Blitar.

"Betul, gempa berada di laut tenggara Blitar dengan lokasinya di 12,55 Bujur Timur serta kedalaman 25 kilometer. Namun, tak ada korban jiwa dan kerusakan apa pun," katanya.

Walaupun tak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa tersebut, sejumlah warga sempat panik. Bahkan, ada pula yang terpaksa berlarian ke luar rumah.

Fitriantini (35), warga Bululawang, Kabupaten Malang, mengaku, gempa terjadi lumayan cukup lama, sekitar 10 detik. "Iya, sempat membuat saya dan warga di sini panik. Bahkan, saya dan para tetangga di sini sempat berlarian ke luar rumah. Khawatir rumah roboh," akunya.

Dia bersyukur tidak terjadi apa-apa. Dia juga berharap semoga tidak terjadi lagi gempa susulan.


Editor : Hertanto Soebijoto