Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk Ganggu Pendaratan Pesawat

Kompas.com - 15/05/2011, 03:34 WIB

Kaimana, Kompas - Akibat cuaca buruk, empat pesawat yang akan mendarat di Bandara Utarom, Kaimana, Sabtu (14/5), tak bisa mendarat tepat waktu. Bahkan, salah satu pesawat, yaitu Merpati MA-60 tujuan Nabire-Kaimana-Sorong, akhirnya batal mendarat.

Selain pesawat Merpati, tiga pesawat lain yang terkendala cuaca buruk adalah dua pesawat dari maskapai Express Air rute Nabire-Kaimana dan Manokwari-Kaimana, rata-rata terlambat sekitar satu jam. Sementara itu, pesawat maskapai Wings Air dari Ambon-Kaimana juga terlambat mendarat.

Kepala Bandara Utarom Gagarin Moniaga mengakui, Sabtu, pesawat Merpati MA-60 tujuan Nabire-Kaimana seharusnya mendarat sekitar pukul 11.00 WIT, tetapi batal akibat cuaca buruk, yakni hujan disertai angin kencang. Pesawat sudah berputar-putar beberapa kali untuk memastikan bisa tidaknya mendarat.

Dengan pertimbangan cuaca buruk, pilot Merpati akhirnya mengambil keputusan tidak mendaratkan pesawatnya dan kembali ke Nabire. Merpati tidak ingin mengulangi kejadian serupa sepekan lalu, yakni jatuhnya pesawat sejenis yang menewaskan 25 penumpang dan awak.

Hingga sore pesawat Merpati tidak kembali ke Kaimana sehingga penerbangan pun ditunda.

”Sepertinya Merpati ingin menjaga image-nya yang tak mau pesawatnya jatuh lagi akibat cuaca buruk. Itu tampaknya keputusan yang baik,” ujar Gagarin. Sejak pagi cuaca di Kaimana memang banyak kabut, disertai angin dan awan gelap.

Menurut Pujiarto, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Utarom Kaimana, kecepatan angin pada pukul 10.00 hingga 10.30 WIT 8 knot-14 knot, dengan jarak pandang di bandara 4 km-7 km. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi saat jatuhnya pesawat Merpati sepekan lalu. 

Begitu cuaca mulai baik atau menunggu satu jam kemudian, semua pesawa berangkat lagi. Terbatasnya fasilitas bandara di Bandara Utarom atau hampir kebanyakan bandara di wilayah Papua menyulitkan pendaratan pesawat. Minimnya fasilitas itu seperti tak adanya lampu landasan yang berfungsi memandu pesawat mendarat.

Perbaikan fasilitas

Bupati Kaimana Mathias Mairuma mengakui, kondisi satu-satunya bandara di Kaimana kurang representatif karena banyak fasilitas standar yang belum terpenuhi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com