Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Buka 4 Rute Makassar

Kompas.com - 06/05/2011, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) mulai mengoperasikan empat rute terbaru yang menghubungkan dengan Bandara Hasanuddin (Makassar). Diharapkan penumpang di sekitar Sulawesi bakal meningkat hingga 20 persen.

Empat rute di Sulawesi yang disasar maskapai tersebut adalah Makassar-Mamuju (Sulbar), Makassar-Poso (Sulteng), Makassar-Baubau-Kendari (Sultra) dan Makassar-Maumere (NTT). Rute-rute tersebut akan dioperasikan dengan armada terbaru Merpati buatan China, MA-60 dengan kapasitas 50 penumpang.

Direktur Niaga Merpati, Tony Aulia Achmad mengatakan, pembukaan rute tersebut untuk memperkuat penerbangan di seputar Sulawesi Selatan dan sekitarnya itu telah direncanakan jauh hari. Menurutnya, Makassar sebagai kota terbesar di bagian timur Indonesia sangat potensial bagi operasi penerbangan Merpati.

"Kita membuka rute antar provinsi dengan jarak penerbangan kurang dari satu jam. Makassar sebagai pusat perdagangan sangat penting dan kami jadikan hub (pengumpul) layanan penerbangan untuk daerah di sekitarnya," kata Tony di Jakarta, Kamis (5/5/2011).

Selain Sulawesi, jelasnya, Merpati juga akan membuka sejumlah rute dalam waktu dekat ini. "Kita akan membuka rute di Kalimantan bulan depan," jelasnya.

Sementara untuk Pulau Jawa, Tony masih optimis bisa beroperasi di bandara Halim Perdanakusumah. Menurutnya, Kementerian Perhubungan tidak akan menolak permintaan izin beroperasi Merpati. Menurutnya, Merpati akan mengoperasikan bandara Halim Perdanakusumah untuk penerbangan jarak pendek dengan waktu terbang kurang dari satu jam, seperti Jakarta-Cilacap (Jateng), Jakarta-Bandung (Jabar) dan Jakarta-Tanjungkarang (Lampung).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com