Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Gula Sudah Siap Menggiling Tebu

Kompas.com - 29/04/2011, 03:23 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Hampir seluruh pabrik gula di Pulau Jawa sudah siap melakukan giling tebu. Cuaca tahun ini diperkirakan lebih baik dibanding tahun lalu sehingga produksi bisa meningkat.

Kinerja PTPN XI tahun ini dipastikan meningkat karena produksi gula naik dibanding tahun 2010. Perusahaan ini memperkirakan menghasilkan gula 405.850 ton dan tetes 252.860 ton. Tahun lalu hanya 317.560 ton gula dan tetes 252.895 ton.

”Produksi tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu karena perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim kemarau dimulai Mei mendatang. Saat itu musim panen tebu sudah berlangsung sehingga tingkat kematangan dan rendemen tebu relatif tinggi,” kata Sekretaris Perusahaan PTPN XI Adig Suwandi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/4),

Masuk masa giling 2011, Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto, Jawa Timur, siap memproduksi 6.500 ton tebu per hari.

”Sampai sekarang ini kami belum swasembada gula dan untuk mencapai hal itu kami berupaya meningkatkan kapasitas produksi 10-20 persen,” kata Kepala Humas PG Gempolkrep Mojokerto Nanung Indra Cahyadi.

(NIK/TIF/SIR/REK/ETA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com