Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Cilacap Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 26/04/2011, 14:22 WIB

CILACAP, KOMPAS.com — Gempa 6,3 skala Richter mengguncang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa pukul 13.39.33 WIB.     

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Ahmad Lani, dari Purwokerto, mengatakan, gempa tersebut berlokasi di 8,60 derajat Lintang Selatan dan 108.36 derajat Bujur Timur atau 120 kilometer barat daya Cilacap.  "Pusat gempa berada di kedalaman 24 kilometer dan tidak berpotensi tsunami," katanya.     

Sementara warga Cilacap mengaku dikejutkan getaran gempa  sangat terasa. "Gempanya terasa sangat kencang," kata Maryam (51), warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.     

Hal yang sama juga dirasakan Wagino (40), warga Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Selatan. Menurut dia, gempa sangat dirasakan di Kota Cilacap.          

Secara terpisah, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Suherman, mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan akibat gempa tersebut.     

Selain Cilacap, gempa tersebut juga dirasakan di Purwokerto, Banyumas, dan Ajibarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com