Rabu, 26 November 2014

News / Regional

Jalan Rusak

Duh, Jalan Bagus Hanya Sepanjang 3 KM

Minggu, 24 April 2011 | 22:33 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Warga Pacet-Kertasari-Tarumajaya berharap jalan utama yang rusak sekitar 10 kilometer diperbaiki. Jalan itu menjadi satu-satunya akses transportasi yang layak digunakan untuk transportasi angkutan barang dan orang.

"Hanya ada sekitar 3 kilometer yang jalannya baik. Sisanya rusak dan seperti tidak layak pakai," kata Usman petani sayur Kertasasri, Kabupaten Bandung, Minggu (24/3/2011).

Jalur Pacet-Kertasari-Tarumajaya adalah akses penjualan sayur ke berbagai daerah. Usman mengatakan jalan utama menjadi satu-satunya harapan petani untuk mengangkut sayur ke berbagai sentra sayur di Jakarta, Bandung, dan Tangerang.

Ia khawatir, akibat pembeli beralih ke sentra sayur lainnya di Wonosobo, Jawa Tengah. "Banyak mobil atu truk lewat sini harus mengeluarkan ongkos lebih banyak karena kaki-kakinya mudah rusak," katanya.

Husein, wisatawan asal Kota Bandung yang berlibur di Situ Cisanti, mengatakan begitu tersiksa saat harus melewati Pacet-Kertasari-Tarumajaya.

Situ Cisanti adalah mata air yang menjadi hulu Sungai Citarum yang mengalir hingga ke Muaragembong, Bekasi. Alam yang asri menjadi salah satu andalan Situ Cisanti.

"Kalau ada jalan lain pasti akan semakin banyak datang ke Cisanti. Saat ini, semua aksesnya rusak, baik dari Pacet atau Pangalengan," kata Husein.


Editor : Benny N Joewono