Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepasang Ular Pemangsa Ayam Ditangkap

Kompas.com - 10/04/2011, 01:56 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Dua ekor ular besar jenis sanca (Python reticulatus) sepanjang sekitar 5 meter ditangkap oleh Maryadi (50), warga Dusun Besari, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, di sebuah kandang ayam di pinggir sungai desa setempat, Jumat (8/4/2011).

"Ular sebesar paha orang dewasa yang mempunyai nama lain Sowo Kembang ini masing-masing memiliki bobot 39,5 kg dan 40 kg, serta panjang 4 dan 5 meter," kata Maryadi sambil membopong salah satu ular itu.

Sebelum ular ini ditemukan, warga setempat sempat dibuat resah dengan hilangnya puluhan ayam peliharaan mereka yang ada di kandang. Sejumlah warga yang mencoba mencari tahu penyebab hilangnya ayam mereka menemukan dua ekor ular yang tengah memangsa ayam di dalam kandang. Lalu, dibantu beberapa warga, Maryadi, yang juga seorang mantri kehutanan, berhasil menangkap kedua ular tersebut.

Rencananya kedua ular ini tidak akan dijual, tetapi akan dilepas di kawasan hutan Sodong, Paliyan. Menurut Maryadi, di sungai yang tak jauh dari perkampungannya masih sering dijumpai ular serupa dengan ukuran besar. "Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun ini, saya menangkap tujuh ekor ular dengan berat rata-rata 40 kilogram dan panjang 4 meter di sungai itu," kata Maryadi.

Sejak ditemukannya ular tersebut, setiap hari puluhan warga datang untuk melihatnya. Sementara Santoso (35), warga desa setempat, mengaku merasa lega setelah ditangkapnya ular tersebut. "Kemarin-kemarin kami resah, Mas, sebab saya khawatir kalau ular tersebut sampai masuk rumah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com