Provinsi Kalimantan Utara Perlu Dibentuk - Kompas.com

Provinsi Kalimantan Utara Perlu Dibentuk

Lukas Adi Prasetya
Kompas.com - 30/03/2011, 06:26 WIB

TARAKAN, KOMPAS.com - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Timur, Udin Hianggio, terus menyuarakan pentingnya pembentukan Provinsi Kalimantan Utara, pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur.

Udin Hianggio meminta pemerintah pusat memahami pemekaran ini sebagai kebutuhan daerah, bukan kepentingan politis. Ia akan meminta pemerintah membuka peluang pemekaran tahun 2012 karena Tarakan sudah siap.

"Jangan pemekaran ini selalu dibawa ke ranah politik. Misalnya Tarakan, saya kan hanya sekali periode menjabat sebagai wali kota, dan tak akan maju lagi," ujar Udin di kantor Pemkot Taraka, Senin (28/3/2011) malam lalu.

Udin tak menyalahkan pemerintah pusat karena banyak pertimbangan kala menghadapi sekian daerah yang berhasrat memekarkan diri.

Dia hanya berharap pemerintah pusat bisa memilah, mana daerah yang sudah siap, mana yang belum. Selain itu juga mencermati Kalimantan Timur yang beberapa daerahnya sukses memekarkan diri sejak otonomi daerah ditetapkan. Udin yakin, Kalimantan Utara akan menjadi provinsi baru yang bagus dalam menaungi Tarakan.

"Sejak memekarkan diri 10 tahun lalu, mulai banyak gedung bertingkat. Dulu SD Inpres banyak yang tak punya toilet, sekarang semua punya. Jadi, tolong beri kesempatan daerah untuk kreatif dan membangun. Tetapkan Kaltara sebagai prioritas jika moratorium selesai," katanya.

Tarakan yang seluas 250 Km persegi dan berpenduduk 193.00-an jiwa ini, mempunyai SDA melimpah, seperti gas, batubara, juga potensi perikanan.

Tarakan dikenal karena produksi kepiting dan udangnya yang telah diekspor ke sejumlah negara. Letak tarakan juga cukup strategis, sehingga jika pembangunan dan manajeman dilakukan cermat, bukan tak mungkin Tarakan mendekati kemampuan Singapura sebagai daerah perlintasan.

Dekat dengan perbatasan Malaysia, Tarakan bisa menumbuhkan pula perekonomian kabupaten-kabupaten di Kalimantan Utara.

Gubernur Kaltim Awang faroek Ishak juga terus menyerukan pemekaran Kaltara adalah kebutuhan. Kaltim paling siap karena punya pengalaman pemekaran kabupaten.

Setidaknya sejak tahun 1999, ada lima pemekaran kabupatan di Kaltim, yakni Kutai Barat, Kutai Timur, Malinau, Nunukan, dan Bontang. "Semua daerah itu sudah dievaluasi pusat dan dinilai berhasil. Pemekaran adalah tentang melayani masyarakat lebih baik," kata Awang.

 

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisLukas Adi Prasetya
    Editoryuli

    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM