Rabu, 1 Oktober 2014

News / Regional

Banjir

Kali Lamong Meluap, Surabaya-Tuban Buntu

Minggu, 27 Maret 2011 | 16:32 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Luapan Kali Lamong semakin parah. Saat ini menerjang Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kota Surabaya. Luapan Kali Lamong juga melumpuhkan jalur pantura Gresik-Lamongan, Minggu (27/3/2011).

Air mulai menggenangi jalan poros utama Surabaya-Tuban di Tirem Enggal dan Ambeng-ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik. Tinggi genangan baru mencapai 15 sentimeter di jalan raya. Akan tetapi, karena kondisi jalan rusak, berlubang, dan bergelombang menimbulkan kemacetan sekitar 10 kilometer dari Terminal Bunder Gresik hingga perempatan Duduksampeyan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Gresik Ajun Komisaris Satria Permana mengimbau pengendara dari Surabaya ke Tuban lebih baik lewat jalur Jalan Daendels. Sementara ketinggian air di perkampungan Tiremenggal dan Ambeng-ambeng Watangrejo mencapai 30-60 cm.

Secara keseluruhan, luapan Kali Lamong menggenangi enam kecamatan di Gresik, yakni Balongpanggang, Benjeng, Menganti, Cerme, Kedamean, dan Duduksampeyan. Distribusi bantuan terhambat karena semua jalur lumpuh tergenang air.

Sementara jumlah perahu karet terbatas. Sejumlah warga mulai mengungsi, terutama yang ada di wilayah Cerme. Warga Cermen Lerek, Kecamatan Kedamean, juga mengungsikan ternak mereka.


Editor : Glori K. Wadrianto