Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluas, Kali Lamong Rendam 5 Kecamatan

Kompas.com - 25/03/2011, 10:51 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Luapan Kali Lamong meluas. Hingga Jumat (25/3/2011), air menggenangi lima kecamatan, yakni Balongpanggang, Benjeng, Cerme, Menganti, dan Kedamean.

Genangan air menyebabkan sejumlah sekolah meliburkan siswanya, di antaranya MI Nurul Hikmah Kedungrukem, Kecamatan Benjeng. Sebanyak 127 siswa tidak masuk sekolah karena sekolah dan rumah mereka terendam. "Bahkan sejak Kamis pukul 09.00 siswa diminta orangtuanya pulang," kata seorang guru, Ilyas Rouf, sambil membersihkan ruangan.

Banjir masih menggenangi Kantor Koramil dan Kantor Camat Benjeng. Selain itu, air juga menggenangi pasar Benjeng. Arus lalu lintas dari Surabaya ke Mojokerto terhambat genangan air.

Genangan air ada di Boboh, Kecamatan Menganti, dan Morowudi, Kecamatan Cerme. Arus lalulintas pun ditutup. Pengendara kendaraan bermotor harus memutar lewat Balongpanggang atau lewat Benjeng. Tetapi di Ngepung Desa Klampok ada genangan lagi sehinggga pengendara motor harus menggunakan jasa gerobak dorong dengan tarif Rp 10.000.

Kondisi banjir semakin parah karena ada tanggul jebol di Nglendah, Kecamatan Kedamean. Akibatnya, Desa Gluranploso, Kecamatan Benjeng, dan Desa Cermenlerek, Kecamatan Kedamean, terendam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com